Rabu, 03 November 2010

usaha popok kain modern


USAHA POPOK KAIN MODERN
Popok kain modern adalah suatu inovasi baru yaitu popok yang terbuat dari kain dan kapas yang dapat digunakan berulang kali karena dapat dicuci dengan air dan deterjen.





Keuntungan Menggunakan Popok Kain Modern:
  • Biaya  memakai popok kain lebih murah karena kita hanya perlu membeli mungkin 1-2 lusin popok kain dibandingkan membeli popok sekali pakai setiap minggu.
  • Bisa dipakai kembali. Bila anak kita sudah bisa dilatih menggunakan toilet, maka popok kain tetap dapat dipakai kembali bila perlu, dapat disimpan untuk anak berikutnya, dapat diberikan kepada orang lain yang membutuhkan, atau bisa menjadi kain lap untuk bersih-bersih di rumah .
  • Mengurangi sampah, Bayangkan bila 1 bayi bisa menghasilkan 6000 popok sekali pakai dan dibuang ke TPA. Ada berapa bayi di Indonesia?
  • Bisa didaur ulang. Bila popok sudah tidak terpakai dan dibuang dapat terdaur kembali karena bahan dari katun
  • Berbahan dasar kapas. Kapas jauh lebih baik dibandingkan bahan popok sekali pakai yaitu plastik. Kapas juga bisa diperbaharui/ditanam kembali, tidak seperti plastik yang berbahan dasar minyak

Kerugian menggunakan popok kain modern:
Popok bayiMenggunakan banyak air, deterjen dan listrik
Popok bayiBerbahan dasar kapas. Walaupun dapat diperbaharui, tetapi bila menanam kapas yang non-organik akan menggunakan pupuk dan pestisida yang berbahaya untuk lingkungan.
Popok bayiKurang nyaman untuk bayi. Memakai popok kain ukurannya tidak pas seperti popok sekali pakai yang lebih enak dipakai. Popok kain juga bisa bocor ke kiri/kanan karena tidak tertutup rapat. Jadi untuk anak yang suka goyang bisa menyulitkan.
Popok bayiTidak praktis untuk dipakai bayi ketika berpergian, karena stelah dipakai tidak bias langsung dibuang melainkan harus dicuci terlebih dahulu.
Popok bayi    Dapat menimbulkan ruam atau iritasi kulit bayi.
         
Strategi usaha popok kain modern :
*   Popok kain modern menghadirkan bentuk atau model yang lebih unik dan variatif sehingga banyak peminatnya.
*   Bahan yang digunakan adalah bahan lokal yang mudah didapat.
*   Usaha ini menarik konsumen dengan cara menghadirkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan popok sekali pakai.
*   Usaha popok kain modern memperkenalkan produknya kepada ibu-ibu muda yang lebih praktis dan dinamis.
*   Usaha popok kain modern ini menyajikan jenis popok yang lebih higienis dan lebih hemat.






Ancaman usaha popok kain modern:
*   Dalam memilih pakaian untuk bayi atau anak tidak boleh asal memilih, bahkan diperlukan tips khusus. Bahkan menurut para ahli kedokteran, faktor yang menyebabkan bayi sering menangis ataupun tiba-tiba rewel bisa disebabkan ketidaknyamanan pakaian yang mereka gunakan.
*   Penggunaan popok pada anak juga harus diperhatikan. Karena popok yang tidak cocok bisa menimbulkan masalah pada kulitnya, seperti ruam pada kulit anak.
*   saat ini para ibu masih beranggapan bahwa bayi lebih baik menggunakan popok tradisional atau popok kain, dibandingkan popok modern. Namun yang perlu diingat adalah, popok kain sebenarnya memiliki daya serap yang rendah sehingga menyebabkan kulit bayi menjadi lembab dan lebih lanjut menyebabkan ruam.
*   Banyak para ibu yang masih menggunakan popok sekali pakai karena lebih mudah didapatkan dibandingkan dengan menggunakan popok kain modern.
*   Persaingan yang sangat ketat dengan usaha popok sekali pakai yang sudah memilki nama besa di hati para konsumen.

Peluang usaha popok kain modern :
*   Usaha popok ini dapat dijadikan alternative untuk para ibu rumah tangga yang ingin berbisnis rumahan.
*   Usaha ini dapat menghasilkan keuntungan yang besar karena mampu memberikan produk-produk yang efisien.
*   Usaha popok kain ini memberikan kemudahan bagi para ibu-ibu untuk berhemat karena popok kain modern ini dapat digunakan berkali-kali.
*   Usaha kain popok modern ini menghadirkan produk yang ramah lingkungan.
*   Usaha popok kain modern ini dapat dikembangkan sampai ke Negara-negara lain.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar